Thursday, October 8, 2015

Dari Sekian Banyak Kerajinan yang Ada di Indonesia, 5 Inilah yang 'Indonesia Banget'

Sekarang ini, Indonesia punya banyak pengrajin dan berbagai macam jenis produk kerajinan tangan atau handmade. Tapi, dari sekian banyak jenis kerajinan tangan, ada beberapa kerajinan yang sangat lekat dan identik dengan Indonesia. Dengan kata lain, ketika mendengar jenis kerajinan ini, nama Indonesia pasti sempat terlintas di kepalamu.
Selain identik dengan Indonesia, kerajinan ini juga bisa dibuat menjadi berbagai macam produk handmade yang disukai baik oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Yuk kita lihat!
5

Anyaman

Anyaman memang bisa dibuat dari apa saja, mulai dari bahan yang biasa seperti rota dan bambu, sampai bahan yang bisa kamu temukan tiap hari seperti kertas dan sedotan. Kerajinan ini juga bisa dibuat menjadi berbagai macam produk yang berguna, mulai dari tatakan gelas, tempat tisu, keranjang, tas tangan, sampai perabotan seperti meja dan kursi.
Karena bisa dibuat dari bahan apapun dan dijadikan apa saja, kerajinan anyaman pada dasarnya bisa dibuat oleh siapa saja. Tapi, kerajinan anyaman yang cukup khas dari Indonesia adalah anyaman rotan dan bambu. Karena, bambu dan rotan merupakan bahan alami yang jumlahnya banyak di Indonesia yang kaya sumber daya alam. Bambu dan rotan juga lebih kuat dan solid, sehingga bisa digunakan untuk membuat perabotan seperti kursi dan meja yang kuat dan bagus, tapi tetap ringan.
4

Ukiran kayu

Sama dengan batik, ukiran adalah bentuk kerajinan yang sudah ada sejak sangat lama. Hingga saat ini, ukiran-ukiran Indonesia, terutama ukiran kayu, adalah jenis kerajinan yang cukup populer dan dihargai oleh masyarakat lokal dan mancanegara. Karena, selain detailnya yang bagus dan artistik, kayu-kayu di Indonesia, yang menjadi bahan utama ukiran ini punya kualitas yang bagus, sehingga meningkatkan kualitas keseluruhan ukirannya.
Kerajinan ukiran kayu ini tersebar di seluruh Indonesia, dan tiap daerah punya motif ukiran yang unik dan khas. Beberapa daerah yang punya ukiran kayu yang terkenal antara lain Bali, Jepara, dan Lombok. Tapi, ukiran kayu ini biasanya tidak dijual sebagai produk sendiri, tapi sebagai sebuah produk lain yang memiliki ukiran kayu sebagai tema atau sentuhan utamanya, misalnya kursi, meja, bahkan tiang rumah. Dan umumnya, perabot atau produk yang punya sentuhan ukiran kayu punya harga yang lebih mahal dari perabot dengan fungsi dan bentuk yang sama.
3

Boneka Wayang

Boneka wayang adalah kerajinan berbentuk boneka yang digunakan untuk pertunjukan dengan nama yang sama, wayang. Jenis wayang ini juga bervariasi, tergantung dari bahan dan juga daerah asalnya. Ada yang terbuat dari kayu, ada yang terbuat dari kuit, dan sebagainya. Sama seperti batik, wayang juga mendapat gelar Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non-bendawi Manusia (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) dari UNESCO.
Boneka wayang dulu cukup populer di wilayah Jawa dan Bali, dan umumnya digunakan memang hanya untuk pertunjukan tradisional. Tapi, seiring waktu, banyak orang yang mulai memberikan sentuhan modern pada boneka-boneka wayang ini. Bentuk wayang semakin lama semakin berkembang. Jika dulu umumnya tradisional, sekarang ini bentuk wayang semakin bervariasi. Tidak hanya itu, karakter-karakter wayang yang khas juga kemudian disempurnakan dan dibawa ke media kreatif lain seperti kartun dan semacamnya, sehingga makin diapresiasi oleh masyarakat.
2

Kain tenun

Kain yang satu ini dibuat dengan menenun benang-benang yang menjadi bahannya menggunakan alat non-mesin. Jadi, pengerjaan satu helai kain tenun biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Kain songket juga tersebar di seluruh Indonesia, dan masing-masing daerah punya motif dan kain tenun yang unik dan khas. Beberapa daerah yang terkenal dengan kain tenunnnya antara lain Bali, Minang, Toraja, dan Lombok.
Umumnya, kain tenun biasanya dibuat untuk dijadikan pemanis pakaian, pelapis/sarung perabotan, dan juga hiasan di dalam rumah. Tapi, kain tenun ini juga sudah mulai digunakan untuk membuat pakaian modern yang sering kamu gunakan sehari-hari.
1

Batik

Well, siapa yang tidak tahu kerajinan yang satu ini. Batik adalah kerajinan yang sudah sangat khas dan terkenal, baik di mata masyarakat lokal maupun mancanegara. Saking terkenal dan uniknya, batik sampai diakui sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non-bendawi Manusia (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.
Batik sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama dan merupakan kain yang sering digunakan masyarakat untuk bahan pakaian. Tapi, di zaman kemerdekaan, popularitas batik menjadi pudar karena masyarakat mulai mengenakan pakaian ala barat. Kemudian, masuk abad 21, para desainer pakaian mulai membuat inovasi memanfaatkan motif-motif batik dan membuat batik kembali populer hingga sekarang.
Sekarang ini, batik tidak melulu identik dengan pakaian tradisional. Kamu sendiri pasti sudah sering banget melihat produk fashion dengan bahan dasar batik, mulai dari kemeja dan dress, jaket, sepatu, tas, dan lainnya. Bahkan, sejak tahun 2009, banyak kantor baik milik pemerintah atau swasta yang menetapkan hari Jumat sebagai hari mengenakan batik. Perusahaan-perusahaan ini juga bahkan mendesain batik khusus untuk pegawainya.

Itulah tadi sepenggal 5 kerajinan lokal asli Indonesia yang sangat terkenal. Walau tradisional, tapi ternyata mereka bisa menembus pasar internasional loh. Sebagai bangsa Indonesia, kita patut bangga dan sudah seharusnya turut melestarikan seni kerajinan ini. Salam nasionalisme!
Yuk cek juga konten lokal lain yang juga Indonesia banget.

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Komentar & Sarannya??
Terima Kasih Sudah membaca artikel disini.
Update terus Setiap hari dengan artikel yang menarik ^_^