Thursday, October 8, 2015

10 Sekte Sesat Paling Terkenal di Jepang, Mulai dari yang Lucu Sampai Berbahaya

Jepang selalu dikenal sebagai negara yang penuh dengan keragaman budaya dan kepercayaan. Setelah Perang Dunia ke-2 berakhir, konstitusi baru Jepang memberi rakyatnya kebebasan beragam yang lebih besar dari sebelumnya. Tapi toleransi ini malah menimbulkan sejumlah keyakinan dan sekte yang aneh.
Yuk kita simak 7 sekte sesat yang paling terkenal di Jepang ini, mulai dari yang lucu sampai berbahaya!
1

Pana-Wave Laboratory

Yuko Chino mendirikan sekte pribadinya pada tahun 1977 berdasarkan pada ide bahwa gelombang elektromagnetik akan merusak dunia, menyebabkan bencana alam, dan benar-benar akan menghancurkan dunia pada tanggal 15 Mei 2003.
Untungnya sih, bumi nggak hancur, dan mereka cuma menanggapi demikian, 
"Oh maaf, kami salah menghitung. Ternyata bumi akan hancur tanggal 22 Mei nanti!"
Ketika akhirnya bumi gagal hancur lagi untuk ke-dua kalianya, sekte ini pun akhirnya bubar, tapi akan selalu dikenang karena gaya fashion mereka yang selalu mengenakan baju dan masker operasi putih yang katanya digunakan untuk melindungi diri mereka dari gelombang elektromagnetik yang dilancarkan oleh para komunis, dan berkeliling Jepang dengan mengendarai mobil van putih. Mereka juga langsung jadi trending topic pada tahun itu karena pernah mencoba menculik seekora anjing laut (yang langsung jadi selebriti nasional) karena katanya, anjing laut itu harus dikembalikan ke habitatnya untuk mencegah kiamat.
Btw, anggota sekte ini nggak mau mandi loh, dan hampir semuanya makan cup mi instant.
Status sekarang: Nggak jelas.
2

Yamato no Miya (temple of Japan)

Ajiki Tenkei dulu pernah menerima visi Budha untuk menyelamatkan dunia. Karena itu dia membentuk sekter Komei no Kai.
7 tahun kemudian, lagi-lagi dia mendapat visi dari seorang alien Venusian bernama Telebeyt yang meneruskan pesan dari A lah, "Penguasa Alam Semesta." Pesan itu mengatakan kalau pikiran orang-orang di bumi sedang tercemar oleh air yang mereka minum, sehingga mereka butuh sumber air suci untuk bertahan hidup. Dia mendapatkan wejangan untuk membuat "Pyramid-Power Water" yang adalah piramida kertas putih dan air tersebut harus disimpan selama 3 hari untuk dimurnikan. Tenkei kemudian menemukan "sumur suci" di gunung dekat kampung halamannya dan mengubahnya menjadi kuil dan tempat ziarah. Sejak saat itu, Tenkei mengklaim telah "menyelamatkan" setiap orang yang telah meminum air dari tempat itu.
Status sekarang: Aktif.
3

Life Space Movement

Pada tahun 1983, Koji Takahashi mulai menginspirasi orang-orang dengan seminar dan kemampuan peneymbuhannya. Dia mengaku telah belajar dari seorang penyembuh dengan mengikuti mereka selama 6000 tahun selama siklus reinkarnasi. Makin hari anggota sektenya pun mencapai 200 orang.
Ternyata kepercayaannya ini makin gila. Pada tahun 1999, dia berkata kepada keluarga salah seorang anggota sektenya kalau dia bisa menyembuhkan ayahnya dari koma, tapi mereka harus membawanya pergi dari rumah sakit dan memindahkannya ke hotel, dan mempraktekkan kemampuan penyembuhannya "shakty pats". Tentu aja dong, pasiennya langsung meninggal karena nggak ada bantuan peralatan penunjang kehidupan. Tapi Koji dan para anggota sekte lain melihat mayatnya yang membusuk sebagai pertandan kalau kondisinya makin membaik.
Empat bulan kemudian, setelah mendapat laporan dari pihak hotel, polisi menerobos masuk dan menemukan mayat mumi itu. Mereka lalu melempar Koji ke dalam penjara karena tuduhan pembunuhan yang ngotot kalau autopsi polisi lah yang membunuh sang pasien, tapi akhirnya masa hukumannya dipotong setengah dari total 15 tahun karena dia nggak bermaksud membunuh pasien itu dan berusaha "menolongnya".
Ya elah bro..
Status sekarang: Aktif
4

Kofuku-No-Kagaku (Institute For Research In Human Happiness)

Pada tahun 1981, Pebisnis Ryuho Okawa mengaku telah mendapat pencerahan dari beberapa figur religius seperti Nabi Muhammad SAW dan Yesus, lalu bekerja untuk menumbuhkan agamanya sendiri, Happy Science. Sekte ini pun sukses besar sampai mereka punya partai politik mereka sendiri pada tahun 2009 yang masih aktif sampai sekarang. 
Okawa mengklaim menggunakan jalur surgawi untuk pergi ke dunia orang mati untuk berbicara pada para politisi yang telah mati dan roh-roh yang membimbing para politisi saat ini. Mereka juga ingin menghapus Pasal 9 dari konstitusi Jepang Konstitusi (klausul pasifis terkenal yang membuat Jepang menghindari peperangan) yang sekarang ini lagi diprotes oleh warga Jepang, dan mengalahkan Korea Utara. 
Plus, menguasai dunia dengan agama mereka.
Status sekarang: Aktif.
5

Yamagishi Society

Semuanya bermula pada tahun 1952 ketika petani Miyozo Yamagishi beranggapan kalau dia bisa menyembuhkan warga di kotanya yang merasa terasing dengan pertumbuhan industrialisasi Jepang.
Kelompok pedesaan yang didirikannya itu seperti campuran antara kehidupan Amish-komunisme-hippie, dimana semua anggota saling berbagi harta dan hasil pertanian mereka untuk menghidupi diri mereka serta berjualan.
Sayangnya, ada sisi gelapnya.
Seperti sebuah game yang bikin kecanduan, semua orang bisa bebas untuk ikut kelompok ini, tapi buat jadi anggota yang sesungguhnya, kamu harus menyumbangkan semua yang kamu punya. Mulai dari uang, perhiasan, barang elektronik, rumah, dan mobil.
Para anggota pun diawasi secara ketat dan ada aturan konyol yang bertujuan hanya untuk mengontrol dan memanipulasi. Peraturan yang paling buruk adalah mereka harus memisahkan anak dengan orang tua mereka setelah mereka berusia 5 tahun. Mereka menempatkan anak-anak tersebut di sebuah penampungan terpisah dimana mereka tidur berdua di sebuah tempat tidur, dan kadang mereka kelaparan karena dibuat untuk bekerja di ladang atau disalahgunakan oleh pengasuh mereka.
Yamagishi bagi anggota baru itu seperti sebuah pelarian dari industri Jepang yang keras, tapi juga membuktikan kalau surga itu sulit banget buat digapai.
Status sekarang: Aktif.
6

East Asia Anti-Japan Armed Front

Para aktivis saya kiri yang membenci agresi sejarah Jepang terhadap kaum minoritas dan negara-negara lain memutuskan untuk membentuk sekte perusak ini pada akhir tahun 1960an. Mereka berpendapat kalau sebelum kedatangan orang Jepang, penduduk asli (Ainu, orang Okinawa, etnis Korea) hidup bersama dalam hamporni dengan alam.
Antara tahun 1974 dan 1975, sekte ini melakukan pemboman terhadap industri yang mereka anggap telah mengeksploitasi kelompok etnis dan ras Asia lainnya. Serangan terhadap kantor pusat perusahaan Mitshubishi telah menewaskan 8 orang dan melukai beberapa orang. Polisi lalu menindak tegas sektei ini dan pengadilan menjatuhkan hukuman mati dan penjara seumur hidup kepada pemimpinnya. Salah satu pemimin yang dijatuhi hukuman mati, Masashi Daidoji, akhirnya memnita maaf karena telah melakukan pemboman.
Status sekarang: Bubar.
7

Ho No Hana Sampogyo (Flower Of Buddhist Teaching)

Sekte ini berjanji untuk menyelamatkan telapak kaki (yup, telapak kaki. Nggak salah baca kok) manusia dan sekaligus merusaknya. Sekte ini didirikan pada tahun 1980 ketika Hogen Fukunaga mengklaim kalau dia adalah keturunan Yesus Kristus dan Budha. Kekuatan yang dimilikinya adalah mendiagnisa penyakit dan melihat ke masa depan dengan cara membaca telapak kaki. Setelah itu dia kemudian "memaksa" pelanggannya untuk menghadiri seminar yang mahal banget untuk menyembuhkan penyakitnya.
Sebagian besar korbannya adalah ibu rumah tangga. Tapi dia juga menginstruksikan para bawahannya untuk mencari target di rumah sakit, terutama yang mau operasi. Tapi polisi pun berhasil menggagalkan rencana busuk Fukunaga dan pengikutnya. 
Akhirnya sekte ini pun bangkrut dan Fukunaga dipenjara selama 12 tahun.
Status sekarang: Bubar.
8

PL Kyodan (Church Of Perfect Liberty)

Sejarah PL Kyodan ini bermula dari seorang pendeta Shinto Tokumitsu Kanada yang mendirikan sektenya sendiri bernama Shinto Tokumitsu-kyo pada tahun 1912. Setelah dia meninggal, penerusnya Tokuharu Miki mengubah nama sektenya menjadi Hito-no-Michi Kyodan (The Way of Man) pada tahun 1931, tapi grup nya ini ditentang oleh pemerintah karena dianggap meragukan kesucian Kaisar Jepang. Setelah Perang Dunia ke-2, cucu Tokuharu, Tokuchika mendirikan ulang sekte ini dan mengubah lagi namanya menjadi Perfec Liberty Kyodan. Sekarang markas besar kelompok ini bisa kamu temukan di Tondabayashi, Jepang. Sekte ini juga punya beberapa anggotan dan gereja di seluruh dunia.
Sekte ini bukan sekte sesat sih. Ajaran PL Kyodan bisa dirangkum menjadi "hidup adalah seni". Para anggota diajarkan untuk mengekspresikan diri mereka secara artistik untuk mengisi kehidupan mereka. Bahkan hal paling membosankan kayak kerja kantoran bisa berubah jadi ibadah kalau orang melakukannya dengan semangat sepenuh hati.
Di Jepang, grup ini juga dikenal dengan sebutan "agama golf" karena banyaknya para anggota yang terlibat dalam olahraga golf. Bahkan ada asrama cewek di markas mereka dimana para siswi bekerja sebagai caddy part-time untuk membiayai sekolah mereka. 
Hmm. Menarik ya kayaknya. Tertarik bergabung?
Status sekarang: Aktif.
9

Sekai Mahikari Bunmei Kyodan (World True Light Civilization Religious Organization)

Kotama Okada mendapat wejangan dari Tuhan untuk menyelamatkan dunia pada tahun 1959. Untuk bisa menyelamatkan dunia, Okada, yang waktu itu emang udah bergabung bersama sekte agama lain, mendirikan sektenya sendiri bernama SEkai Mahikari Bumnei Kyodan (Mahikari kalau menurutmu kepanjangan). Setelah kematiannya, kelompoknya terpecah jadi 2 cabang: Satu cabang masih tetap menggunakan nama aslinya dan dipimpin oleh salah satu pemimpin Okada; Cabang yang satu mengubah namanya menjadi Sukyo Mahikari dan saat ini dipimpin oleh Okada Keishu, putri angkatnya.
Ajaran sekte ini pun seolah mencuci otak para anggotanya. Mereka percaya kalau sejarah berpusat di sekitar Jepang. Menurut mereka, orang Jepang kuno memerintah sebuah utopia global, termasuk peradaban lain seperti Mesir dan Mesopotamia. Bahkan Kaisaar mereka mengajari orang-orang Yahudi gimana cara berbicara bahasa Ibrani! Mereka juga percaya kalau misi mereka sekarang adalah menyatukan semua bangsa dan agama dan menciptakan surga Jepang di bumi yang dipimpin oleh Kaisar mereka.
Status sekarang: Vakum.
10

Japanese Internet Suicide Clubs

Bunuh diri selalu menyatu dengan budaya Jepang. Mulai dari era samurai hingga pilot kamikaze Perang Dunia ke-2. Kebiasaan bunuh diri Jepang ini sayangnya malah diperkuat oleh teknologi. Internet menyebabkan bertumbuhnya klub bunuh diri di Jepang yang secara teratur terus mencari peserta yang bersedia bergabung.
Walau klub ini udah sering beroperasi selama beberapa kali, polisi baru menyadari klub ini pada tahun 2003. Sejak saat itu, sejumlah besar orang Jepang telah bergabung dengan klub ini hingga mencapai taraf yang mengkhawatirkan. Metode bunuh dirinya biasanya adalah menghirup bau arang di dalam mobil yang tertutup. Setelah itu, arang digantikan dengan gas beracun hidrogen sulfida, ketika klub ini mengajarkan caranya pada tahun 2008. 
Ribuan orang Jepang telah tewas karena mengikuti klub bunuh diri ini.
Dan yang lebih mengerikannya, klub ini sangat aktif hingga sekarang.
Status sekarang: Sangat Aktif!

Bahaya banget nih. Sebagai orang Indonesia kita harus cerdas mengetahui mana ajaran yang benar, mana yang menyesatkan. Jangan sampai iman kita goyah terhadap ajaran-ajaran seperti ini. Kalau emang kita punya iman yang kuat akan agama yang kita peluk dan selalu bertoleransi dengan pemeluk agama lain, ajaran-ajaran seperti ini pun seharusnya tak akan pernah tercipta. Yuk kita jadi umat beriman yang selalu rendah hati!

1 comment:

Jangan Lupa Komentar & Sarannya??
Terima Kasih Sudah membaca artikel disini.
Update terus Setiap hari dengan artikel yang menarik ^_^